Connect with us

Ragam

Melihat Pohon Pelangi Yang Memiliki Keindahan Tersendiri

Published

on

BAGIKAN :

DN, Jakarta – Tak salah, Indonesia ini salah satu negri yang menjadi pujaan bangsa-bangsa lain. Selain kaya raya dengan ragam budaya kearifan lokal, negri nusantara ini pun kekayaan alamnya sangat subur dan keindahannya penuh eksotik. Diantaranya, pohon pelangi juga tumbuh dibeberapa daerah tropis, seperti di hutan Sumberwringin Bondowoso Jawa Timur Pulau Seram Maluku Tengah, Papua, Pulau Mindanao Negara Filipina, Papua Nugini dan Australia.

Dalam bahasa latin, pohon pelangi diberi nama Eucalyptus deglupta yang asal usulnya berasal dari Papua Nugini. Ciri khas pohon ini, batangnya berwarna-warni menyerupai pelangi secara alamiah. Jadi wajar, jika banyak orang menilainya sebagai pohon terindah di muka bumi ini, penuh dengan nilai eksotik tersendiri.

Pohon pelangi juga dikenal sebagai penghasil minyak atsiri dan sudah lama dijadikan tanaman industri oleh masyarakat. Termasuk cepat tumbuh serta mampu bertahan pada saat musim panas. Lalu berdasarkan info dari gardeningknowhow.com, pohon Eucalyptus deglupta ketinggiannya bisa mencapai 76,2 meter. Setelah ditelusuri dari beberapa media online indonesia.go.id, batang pohon pelangi digunakan seperti sebagai kayu konstruksi, pembuatan kertas dan furnitur.

Bahkan, di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwringin, Desa Wringinanom, Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso Jawa Tengah, pohon pelangi sudah lama dijadikan objek wisata yang sering dikunjungi masyarakat lokal dan dari kota lain. Kawasan hutan ini dibangun 83 tahun lalu. Tepatnya pada tahun 1937 dan luasnya saat ini mencapai 23, 60 ha dan tak hanya pohon pelangi saja yang ditanam.

Namun jenis tanaman lain ikut dibudidayakan, diantaranya khaya anthoteca, acacia kathecu, kayu jaran, mimba, cendana, asem jowo serta pohon jati. Pada 2014 lalu, Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Yogyakarta juga pernah menjadikan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwringin sebagai pusat penelitian dan wisata pendidikan.

Baca juga :   Reporter Koran Itu Pekerjaan Terburuk Dan Datangnya Teknologi Generasi Kelima

Nah, selama ini masyarakat sering menjadikan pohon pelangi menjadi objek pecinta dunia photografi di alam terbuka. Sebab batang pohonnya yang mempunyai khas warna-warni eksotik ini menjadi nilai jual tersendiri. Dalam perkembangannya, pohon pelangi sekarang ini sudah ramai diperjualbelikan di online shop.

Pada umumnya pohon pelangi sangat cepat tumbuh. Batangnya tegak lurus, menjulang ke arah langit.  Pohon pelangi hanya bisa dijumpai dikawasan hutan tropis dan hutan pegunungan rendah pada ketinggian sampai  1.200 meter di atas permukaan laut. Berdasarkan laporan World Conservation Monitoring Centre pada 1992 menyampaikan populasi  eucalyptus deglupta berada dalam status terancam punah.

Hal ini disebabkan salah satunya ditempat habitatnya manusia menebang pohon pelangi untuk kepentingan ekonomi dan pembukaan lahan baru untuk pertanian. Sangat diharapkan pemerintah bisa melakukan pelestarian yang berkelanjutan pohon terindah di dunia ini. Agar tidak punah dan bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya. (Red)


BAGIKAN :
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *