Connect with us

Hukum

Buronan Interpol Andrew Ayer, Masih Dikejar Pihak Imigrasi Ngurah Rai

Published

on

BAGIKAN :

DN, Jakarta –  Andrew  Ayer alias Andrei Kovalenka warga Negara Rusia adalah buron Interpol yang melarikan diri dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada Kamis, pada 11 Februari 2021. Saat ini, petugas kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai Denpasar Bali, masih melakukan pencarian dan pengejaran.

Parlindungan Kepala Kanim Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai mengatakan Andrew melarikan diri saat dalam proses administrasi pemindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar. Pada saat usai dijenguk rekan perempuannya Ekaterina Trubkina, yang juga warga Negara Rusia.

“Andrew ini memang buronan Interpol yang masuk dalam Red Notice dan memiliki paspor bernomor 7536xx. Sebelumnya dia telah menjalani hukuman pidana di Lapas Kelas IIA Kerobokan,” ucap Parlindungan, dalam keterangan tertulis, Sabtu kemarin (13/2/2021).

Setelah masa hukuman pidana berakhir yang bersangkutan diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada tanggal 3 Februari 2021 untuk selanjutnya dikenakan Tindakan Administrasi Keimigrasian Pendeportasian dan pengusulan Cekal. Kemudian pada 11 Pebruari 2021, rencananya akan dipindahkan dari Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rudenim Denpasar. Karena keterbatasan ruang detensi yang dimiliki Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

Saat proses administrasi pemindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rudenim Denpasar. Dalam rangka memperoleh keterangan dan mendata serta menyiapkan surat penyerahan untuk nantinya diambil oleh Interpol. Kemudian  Andrew dijenguk Ekaterina, sekira pukul 13.20 WITA.

“Usai dijenguk, Andrew menjalankan proses pemeriksaan kembali oleh petugas. Tapu waktu proses pemeriksaan berlangsung, dia berhasil menyelinap dari dalam ruang pemeriksaan dan melarikan diri,” ungkapnya.

Baca juga :   Dugaan Suap Bansos, Bupati Kabupaten Bandung Barat Ditahan KPK

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pun sudah mengerahkan seluruh petugasnya mencari keberadaannya. Bersama-sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Kantor Imigrasi Kelas II Singaraja dan tim dari Kanwil Kemenkumham Bali.

Selain itu, kata Parlindungan Kantor Imigrasi Ngurah Rai kini telah mengusulkan penetapan nama yang bersangkutan kedalam Daftar Pencarian Orang (DPO) ke Kepolisian Daerah Bali dan telah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri, Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Konsul Kehormatan Rusia dan Konsul Kehormatan Ukraina di Bali, Direskrimum Polda Bali.

Termasuk Kapolresta Denpasar, serta Polres, Polsek dalam rangka pencarian yang bersangkutan serta telah berkoordinasi dengan Kantor Otoritas Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, GM Angkasa Pura I dan Maskapai Penerbangan. Serta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan setempat untuk mencegah keberangkatan Andrew dan Ekaterina keluar daerah Bali.

“Kami berharap peran serta masyarakat apabila melihat/mengetahui keberadaan kedua orang tersebut agar dapat menghubungi WhatsApp Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai di No. 081236956667 atau melalui Kasi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Putu Suhendra di No. 082165055256,” tutup Parlindungan. (Berkam)


BAGIKAN :
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *