Connect with us

Daerah

Bupati Asahan: Masyarakat Yang Mengurus Adminduk Bebas Biaya

Published

on

H. Surya, Bsc Bupati Asahan menghadiri launching Adiministrasi Kependudukan (Adminduk) di Kantor Camat Pulau Rakyat. (Sumber photo: ES)
BAGIKAN :

DN, Asahan- H. Surya, Bsc Bupati Kabupaten Asahan Sumatera Utara bersama jajarannya hari ini menghadiri undangan launching Adiministrasi Kependudukan (Adminduk) di Kantor Camat Pulau Rakyat, Jumat (26/03/21). Agenda merupakan komitemen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan dalam mengimplementasikan Undang-Undang No. 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU No.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Drs. H. Supriyanto, MPd Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan menyampaikan tujuan pembuatan Adminduk untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus segala administrasi kependudukan. Dan sesuai dengan visi Pemkab Asahan ‘Mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan Berkarakter’.

Selain itu launching Adminduk dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Dokumen Administrasi Kependudukan sesuai dengan Implementasi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang telah dicanangkan pada tahun 2019 yang lalu.

“Jenis layanan Adminduk yang di Launching pada hari ini adalah Pengurusan KK, Akte Kelahiran, Perekaman KTP-el, Pencetakan KTP-el” ucapnya.

Dalam launching Adminduk ini juga diserahkan 4719 Kartu Identitas Anak, Penyerahannya dilakukan secara simbolis olek Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj Titiek Sugiharti Surya dan Wakil Ketua TP. PKK Ny. Yusnila Indriati Taufik.

“Dokumen kependudukan memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami penduduk. Hal ini merupakan bentuk perlindungan negara terhadap status hak sipil penduduk dan memberikan manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya” Ucap Bupati.

Surya mengatakan bahwa Dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan akta catatan sipil serta Kartu Identitas Anak sangat dibutuhkan penduduk di semua strata sosial. Karena merupakan awal dan salah satu persyaratan untuk pengurusan pelayanan publik lainnya. Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan misalnya, tanpa adanya dua dokumen itu, negara tidak dapat memberikan program-program terkait kesehatan, pendidikan, maupun urusan administrasi lainnya.

Baca juga :   Bupati Melayat Ke Rumah Duka Almarhum Kades Mhd Hafiz

Artinya, launching Pelayanan Adminduk pada hari ini maka pelayanan administrasi kependudukan yang selama ini terpusat di Ibu Kota Kabupaten terutama Pencetakan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan Pencetakan KTP-el sudah dapat dilakukan di Kantor Camat Pulau Rakyat. Dimana melayani enam kecamatan meliputi Kecamatan Pulau Rakyat, Rahuning, Bandar Pulau, Aek Songsongan, Aek Kuasan dan Aek Ledong.

“Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di 6 Kecamatan bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus administrasi kependudukan secara langsung dan saya pastikan ini semua gratis, ucap Bupati.

Dengan Launching Adminduk ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran Masyarakat tentang pentingnya Dokumen Kependudukan, pentingnya Manfaat data kependudukan sesuai dengan Tujuan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat.

Bupati memerintahkan Kepada Seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk dapat membantu dan memberikan pemahaman kepada warganya tentang pentingnya Adminduk, khusus kepada  Kadisdukcapil dan jajarannya supaya dapat memberikan pelayanan yang baik dan maksimal dalam pemenuhan Administrasi Kependudukan. (ES)


BAGIKAN :
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *