Connect with us

Daerah

Kadis Pendidikan Asahan Buka Kompetisi Sains Nasional Tahun 2021 Untuk Tingkat SMP

Published

on

Kepalas Dinas Pendidikan Asahan Drs. Sofian, M.Pd membuka Kompetisi Sains Nasional (Sumber photo: BS)
BAGIKAN :

DN, Asahan – Kompetisi Sains Nasional (KSN) untuk tingkat SMP Negeri dan Swasta Tahun 2021 Kabupaten Asahan Sumatera Utara resmi dibuka dan berlokasi di SMPN 1 Kisaran, Kamis kemarin (25/03/2021). Kegiatan ini juga di hadiri Drs. Sofian, M.Pd Kepala Dinas Pendidikan Asahan,  Pengawas, kepala sekolah, guru pendamping serta siswa-siswi SMP se Kabupaten Asahan

Mursaid Ketua Panitia KSN yang juga Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan mengatakan tujuan KSN ini digelar untuk melatih siswa berpikir secara krits, sistematis , optimis dan menantang. Termasuk dalam pengukuran siswa dalam penerapan literasi untuk mendukung guru dalam pengembangan daya nalar, afektif, dan psycomotorek serta pengembangan fenomena yang lebih luas.

“Peserta KSN di ikuti dari SMP Negeri dan SMP Swasta Se Kabupaen Asahan. Jumlah peserta yang mengikuti KSN sebanyak 195 dengan masing-masing mata pelajaran. Untuk studi matematika ada 65 siswa, mata pelajaran Pengetahuan Alam (PA) sebanyak 65 Siswa dan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 65 siswa,” ucap Mursaid.

Dia juga menerangkan  untuk lokasi ujian di bagi 2 tempat. Yaitu untuk mata pelajaran dan IPA di sekolah SMPN 1 Kisaran, untuk mata pelajaran IPS berada di SMP Negeri 3 Kisaran. “Nah, bagi peserta pemenang 1,2 dan 3 akan mendapat uang pembinaan yang bersumber dari DPA Dinas Pendidikan Asahan, jelas Mursaid.

Dalam kata sambutannya, Sofian menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala sekolah dan guru-pendamping tingkat SMP yang telah membawa siswa-siswi guna mengikuti acara perlombaan tersebut. Dia menjelaskan salah satu salah satu misi dan visi pemerintah Kabupaten Asahan adalah ‘Prioritas Asahan Cerdas’.

“Program Asahan Cerdas salah satu program prioritas pembangunan pendidikan dalam rangka mewujudkan misi dan visi pemerintah Kabupaten Asahan yang  saat ini  sedang di konsultasikan dengan publik bersama masyarakat di Bapeda,” ucap Sofian

Baca juga :   Perkembangan Jumlah Warga Kabupaten Asahan Terpapar Covid 19

Program Asahan Cerdas juga suatu langkah yang nota banenya untuk meningkatkan kredibilitas siswa dalam berbagi aktifitas serta ide-ide. Termasuk wadah untuk mencerdaskan, meningkatkan kemampuan intelektual, iman dan taqwa, nilai etika,  karakter bagi siswa dalam menimba pengetahuan. Serta mendukung Asahan sejahtera, relegius, dan berkarakter. Sesuai misi visi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan Periode 2021-2026.

“Setiap kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Semua anak-anak ku adalah pemenang, setidaknya di sekolahnya masing-masing. Jadi lakukanlah yang terbaik,” seru Sofian.

Dia juga meminta kepada tim penilai agar dapat menilai dengan baik, tidak ada diskriminasi dan pilih kasih.” Siapapun anak-anak ku yang jadi juara, dia lah yang jadi pemenang dan membawa prestasi sekolah,” ucapnya.

Terakhir, ia tidak bosan-bosannya untuk menghimbau kepada seluruh peserta KSN dan juga para pendidik agar tetap memperhatikan dan mengunakan prokes (protokol kesehatan) untuk dapat memutus mata rantai Covid 19.

“Tetap patuhi 5 M ; Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas,” tutupnya (BS)


BAGIKAN :
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *