Connect with us

Daerah

Rakernas Sudah Usai, Apa Harapan DPC FSB GARTEKS Serang?

Published

on

Agenda Rakernas FSB GARTEKS di Grand Prioritas Hotel Bogor Jawa Barat dari tanggal 28-31 Maret 2021 (Photo: AH)
BAGIKAN :

DN, Bogor – Agenda Rapat Kerja Nasional Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri (FSB GARTEKS) baru saja usai dilaksanakan di Grand Prioritas Hotel Bogor Jawa Barat dari tanggal 28-31 Maret 2021. Rakernas yang dilakukan tahun ini mengangkat tema ‘Membangun Infrastruktur Serikat Menciptakan Peluang’.

Faizal Rakhman Ketua Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri (DPC FSB GARTEKS) Kabupaten Serang Banten mengatakan Rakernas salah satu momen penting untuk membahas persoalan roda organisasi. Diantaranya, pandemi Covid-19 sangat memengaruhi pergerakan buruh. Termasuk berimbas pada berkurangnya jumlah anggota, karena korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Walau situasi sedang tak berpihak, DPC FSB GARTEKS Serang tetap konsisten melakukan advokasi persoalan buruh di perusahaan. Serta rutin melakukan program pendidikan dan pelatihan bagi pengurus dan anggota dengan mengikuti protokol kesehatan,” ucapnya, saat di wawancarai.

Selain itu, DPC FSB GARTEKS Serang bersama jaringan aliansi rutin melakukan agenda sosial dialog kepada pengusaha dan pemerintah. Dalam menyikapi anggota dan buruh lainnya yang ter-PHK, dirumahkan dan pengurangan upah.

“Agenda sosial dialog bermanfaat sebagai solusi alternatif menyelesaikan masalah ekonomi buruh dimasa pandemi. Alhamdullilah, usaha ini membuahkan hasil. Salah satu Pengurus Komisariat (PK) mendapat bantuan dari pemerintah dalam program usaha ekonomi kecil,” jelasnya.

Dijelaskannya, pandemi Covid-19 selama 1 tahun ini, anggota buruh di DPC FSB GARTEKS Serang kehilangan anggota sebanyak 2700 buruh, terkena PHK dan pemutusan kontrak kerja. Namun dia masih bersyukur, awal tahun ini berhasil menambah 2 pengurus komisariat.  Walau di satu sisi, untuk menambah jumlah anggota untuk tahun ini kendalanya lebih sulit, sebelum terjadi pandemi.

Baca juga :   Bupati Surya: Petiklah Dua Hikmah dari Wabah Covid-19

“Memprediksi jumlah anggota memang masih sulit tahun ini, karena pandemi. Tapi saya yakin, dengan menguatkan divisi organisasi, perlahan anggota DPC FSB GARTEKS akan bertambah nanti secara perlahan,” ucapnya.

Terkait Rapat Kerja Nasional (Rakernas) FSB GARTEKS di Grand Prioritas Hotel, Bogor dari tanggal 29 sampai 31 Maret 2021, Faizal menginginkan semua pengurus bisa merumuskan gagasan yang bermanfaat membesarkan organisasi. Kemudian, dia berharap agar jalur koordinasi yang rapi. Baik dari tingkat pengurus komisariat, cabang sampai pusat.

“Saran saya DPP FSB GARTEKS sebaiknya membuat peraturan, terkait pengaturan alur koordinasi, agar tidak saling tumpang tindih,” ungkapnya.

Ia berharap DPP FSB GARTEKS tetap memberikan bantuan program dari mitra internasional agar tetap diberikan ke cabang. Supaya proses pengkaderan tetap berjalan. Menurutnya, program pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh pengurus pusat selama ini sudah baik.

“Namun kedepannya kami berkeinginan DPP FSB GARTEKS harus bisa menciptakan trainer di setiap cabang yang ahli dibidangnya untuk mendorong peningkatan SDM pengurus dan anggota,” pungkasnya.

Selain itu, salah satu persoalan cabang dipimpinnya saat ini adalah soal SDM perempuan yang masih minim duduk di struktur pengurus tingkat pengurus komisariat dan cabang. Bahkan belum memenuhi 40 persen dari kriteria peraturan organisasi. Kelemahan ini karena keterbatasan pendidikan sampai tingkat pengurus komisariat dalam melatih kepemimpinan perempuan.

“Saya menginginkan kedepannya pengurus cabang dan pusat bisa bersinergi membangun program pelatihan. Supaya nanti mereka bisa aktif dan tampil menjadi pemimpin buruh perempuan,” ujarnya.

Kalau untuk proses pengkaderan tingkat cabang, Faizal mengatakan sudah berjalan baik. Selama 3 tahun terakhir ini dia bersama pengurus lainnya telah semaksimal mungkin melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan.

Baca juga :   Beberapa Petinggi Kabupaten Asahan Kunjungi Korban Keracunan Massal

“Program kegiatan pengkaderan ini kami lakukan ini memang tujuannya untuk menyiapkan regenerasi kepemimpinan,” ucapnya.

Terakhir, dia menyampaikan di agenda Rakernas ini, semua pengurus dan anggota semakin solid membesarkan organisasi yang profesional dan transparan. Ide dan gagasan setiap kader dan pengurus harus bisa di aktualisasikan dalam karya nyata untuk meningkatkan posisi tawar FSB GARTEKS. Baik dari tingkat lokal, nasional dan provinsi. (AH)


BAGIKAN :
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *