Connect with us

Daerah

Bupati Asahan Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Puskesmas Mutiara

Published

on

Bupati Asahan H. Surya BSc, meninjau program vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Mutiara
BAGIKAN :

DN, Asahan – Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi, Kapolres Asahan, Dandim 0208/AS, Kajari Asahan/Mewakili, Ketua PN, Danlanal TB/AS, Danyonif 126/KC serta OPD terkait turun langsung meninjau proses pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Mutiara. Senin (05/04/2021).

Dalam kesempatan peninjauan vaksinasi di Puskesmas Mutiara, Surya, BSc berpesan bagi warga telah di vaksin harus tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan (Prokes). “Ingat kita semua jangan lalai terhadap protokol kesehatan, biarpun telah di vaksin kita harus tetap mematuhi protokol  kesehatan” ujarnya.

Menurutnya, program vaksinasi Covid-19 adalah upaya pemerintah untuk bangkit dari persoalan pandemi yang sudah terjadi selama satu tahun ini, termasuk di Kabupaten Asahan. Ia juga menjelaskan dampak virus Corona tidak hanya mempengaruhi bidang kesehatan saja.

“Tapi berdampak pada semua aspek kehidupan,” jelasnya.

Bupati juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan vaksinasi. Supaya pandemi Covid 19 yang sedang terjadi ini, khususnya Asahan dapat segera teratasi.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, MSi Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 mengatakan sasaran vaksinasi Covid 19 Tahun 2021 Kabupaten Asahan sebanyak 111.095 yang terdiri dari Tenaga Kesehatan 2.220, Pelayanan Publik 44.102, Lansia (>60 Th) 64.773.

Dayat menyampaikan untuk tahap I Tenaga Kesehatan dari 2.220 (Nakes) yang ada sudah selesai dilaksanan vaksinasi Dosis I dan Dosis II. Artinya sudah 100 persen, sedangkan Tahap 2-termin I Pelayanan Publik termasuk TNI/Polri dari jumlah 400 Vial (multidose) untuk diberikan kepada 2000 orang telah selesai dilaksanakan untuk dosis  atau 100 persen.

“Sedangkan untuk dosis II masih berlanjut, diharapkan dalam waktu dekat sudah selesai,” jelasnya.

Baca juga :   Bebas Dari Zona Merah Covid-19, Tapi Status Jakarta Belum Aman

Sedangkan untuk Tahap II-Termin II diterima 600 Vial (multidose) untuk diberikan kepada 3000 orang yang terdiri dari 2800 Pelayanan Publik dan 200 untuk Lansia, dari jumlah 2800 pelayanan Publik  sudah diberikan Dosis I sebanyak 2.053 orang (60%) sedangkan dari jumlah 200 Lansia sudah diberikan  dosis I sebanyak  127 orang, diharapkan dalam waktu dekat Tahap II-Termin II dapat selesai.

Hal senada disampaikan dr. Emi Barus Kepala Puskesmas Mutiara mengatakan pemberian vaksin dilakukan secara mekanisme. Yaitu dimulai loket pendaftaran, loket pemeriksaan kesehatan (tensi), loket penyuntikan Vaksin dan loket Pemberian obat vitamin.

“Bagi peserta yang sudah di suntik  vaksin, kami memberikan obat vitamin sebagai pengganti ion dalam tubuh. Dan menyarankan agar meminum air kelapa muda yang mengandung alkalin sebagai pengganti  ion dalam tubuh guna menambah kekebalan tubuh,” ucapnya.

Dengan pemberian vaksinasi ini dapat memutus mata rantai Covid 19, serta berharap agar penyebaran Covid 19 dapat berakhir. Termasuk mengingatkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Kota Kisaran Timur tetatp mematuhi Prokes dan selalu jaga kesehatan. Ia juga memperlihatkan tempat gudang penyimpanan vaksin yang di simpan di tempat yang aman dan dingin. (BS)


BAGIKAN :
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *