Connect with us

Birokrat

Kemenkop Dan UKM Mulai Prioritaskan Pelatihan Peningkatan Kapasitas PPKL

Published

on

Narsun Asisten Deputi Pengembangan SDM dan Jabatan Fungsional Kemekop dan UKM
BAGIKAN :

DN, Palembang – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menunjukan sikap seriusnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini ditunjukan sedang mengejar target melaksanakan pelatihan peningkatan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) diberbagai daerah.

Pada bulan April ini, Deputi Bidang Perkoperasian rencananya akan melaksanakan program pelatihan peningkatan kapasitas Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) di 10 Provinsi di Indonesia. Kemudian pelatihan yang sama juga bakal dilaksanakan pada 4 wilayah berbeda. Dimana pelaksanaannya dilakukan secara parallel, yakni di Provinsi Aceh, Sumatera Selatan,Lampung dan Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Nasrun Siagian Asisten Deputi Pengembangan SDM dan Jabatan Fungsional, saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara Pelatihan Peningkatan SDM PPKL di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (8/4/21). Serta dihadiri Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan-Herman Qodho, yang terlihat menyambut baik kegiatan pelatihan tersebut.

“PPKL positioningnya sangat strategis untuk kita fokuskan mengingat perputaran aparatur di daerah sangat dinamis dan cepat, sehingga eksistensi PPKL sangat dibutuhkan dalam upaya  melakukan pendampingan, penyuluhan dan pendataan koperasi di daerah” papar Nasrun.

Kata Nasrun, melalui pelatihan pembekalan ini diharapkan agar  PPKL dapat berkontribusi nyata dalam pendampingan terhadap koperasi-koperasi di wilayahnya. Hasilnya akan melahirkan PPKL profesional dan hasil akhir bisa menghasilkan koperasi-koperasi binaan dengan tata kelola yang profesional.

“Dengan demikian jumlah anggota koperasi otomatis akan bertambah serta volume usahanya juga meningkat dan bermuara pada meningkatnya jumlah koperasi modern, ungkap Nasrun.

Pada kesempatan ini, para PPKL dibekali beberapa materi seperti Akutansi Koperasi, Manajemen Perkoperasian, Nilai dan Prinsip Dasar Koperasi, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi, Perangkat Organisasi dan Tatakelola Koperasi yang Modern.

Baca juga :   Petugas PPKL Dituntut Profesional Untuk Mewujudkan Koperasi Pangan Modern

Selain itu, dia mengingatkan kembali, bahwa PPKL harus punya bekal ilmu perkoperasian, menguasai regulasi-regulasi yang terkait dengan perkoperasian baik UU, Peraturan Pemerintah, dan Peraturan Menteri.

“Semoga nantinya keberadaan PPKL akan sangat diperhitungkan,” tandasnya Nasrun. (Agus)


BAGIKAN :
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *