Connect with us

Ragam

Dipanggil Tuhan

Published

on

ilustrasi kematian
BAGIKAN :

DN, Ragam – Dipanggil Tuhan adalah sebutan lain untuk mati atau meninggal dunia. Mati dapat dikatakan merupakan sebutan atau nama generik. Dalam dunia farmasi, misalnya, nama obat generik untuk penurun panas adalah parasetamol, sedangkan nama dagangnya (obat bermerek) banyak macamnya, termasuk yang hanya dapat dibeli dengan resep dokter.

Berbeda dengan dipanggil KPK, dipanggil Tuhan tidak ada panggilan kedua dan ketiga. Cukup sekali panggil, siap tidak siap, yang dipanggil pasti langsung datang. Panggilan Tuhan tidak dapat dioper atau diserahkan kepada orang lain (pengacara, misalnya).

Menghadapi panggilan Tuhan berbeda dengan menghadapi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tidak seorang pun dapat berpura-pura sakit, sedang sibuk mengerjakan tugas penting, atau mengaku harus menghadiri acara yang tidak dapat diwakilkan, sebagai dalih untuk tidak memenuhi panggilan. Sebelum panggilan Tuhan datang, juga tidak ada seorang pun dapat berinisiatif datang sendiri dengan tujuan memberi klarifikasi.

Berpura-pura sakit, sedang sibuk mengerjakan tugas penting, atau mengaku harus menghadiri acara yang tidak dapat diwakilkan kepada orang lain, adalah alasan yang sudah biasa kita dengar dari orang-orang yang dipanggil KPK. Kalau dalam hal ini Anda ingin menyebut contoh kasus Setya Novanto (mantan Ketua DPR sekaligus pentolan Partai Golkar), boleh-boleh saja. Silakan. Biasanya, justru orang-orang yang dalam keadaan sakitlah yang dipanggil Tuhan.

Panggilan Tuhan sama sekali tidak dapat diakali dengan mengaku sedang mengerjakan tugas penting atau harus menghadiri acara yang tidak dapat diwakilkan kepada orang lain.

Berbeda dengan panggilan KPK, panggilan Tuhan tidak pernah gagal, misalnya karena yang akan dipanggil bersembunyi atau melarikan diri ke luar negeri. Tidak pernah ada cerita seseorang berhasil  lolos dari panggilan Tuhan.

Baca juga :   Komunitas Ojol Gelar Sosialisasi Perisai dan Buka Puasa Bersama

Dan Anda tentu pernah mendengar atau membaca tentang orang-orang yang dipanggil KPK kemudian (akhirnya) juga dipanggil Tuhan–ada yang sedang menjalani hukuman, ada yang  dalam tahap persidangan,  ada pula yang belum sempat diperiksa sama sekali. (Usman Gumanti)


BAGIKAN :
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *